Langsung ke konten utama

Cerita Skripsi (3) Bertemu Narasumber

Setelah gue diberi nomor HP Pak Fauny Hidayat, Manager Marketing LSI dan bikin janji bertemu di hari sabtu. Beliau ternyata menjadi narasumber di Universitas Pendidikan Indonesia. Gue standby di UPI jam 7 pagi, dan coba ngehubungi beliau ternyata beliau masih mandi dan gue diajak ketemuan di hotel tempat beliau nginap di daerah Setiabudi. Oke, gue naik angkot lagi dan turun di hotel Casa de Ladera. Gue nunggu beliau di restoran dan beliau ngajak gue sarapan. Sebenernya gue lapar, tapi saking sibuknya preparation buat wawancara dan nge steno wawancara yang cukup panjang. Gue ga sempat sarapan! Wawancara berlangsung cukup lama, ada sekitar 15 pertanyaan yang udah gue susun dan Pak Fauny memberikan jawaban yang memuaskan, bahkan bisa gue katakan udah menjawab keseluruhan research question gue. Sehabis menyelesaikan wawancara, kita sempat ngobrol nyantai soal survey dan pendapat gue tentang Pilkada. Ketika jam menunjukkan pukul 10.30, LO acara nyamperin beliau dan disitu gue sempat minta foto buat bukti di skripsi gue.
Selesai wawancara, gue masih nyempetin pergi ke acara martumpol kakak temen kos gue dan lanjut ke gereja buat persekutuan bareng P3MI. Disini gue sempet sharing soal pergumulan skripsi dan minta doa restu dari mereka yang udah gue anggap saudara sendiri di perantauan. Hari minggu, gue mulai googling nyari travel apa yang ke daerah senayan, dan gue nemu Day Trans ke Senayan City. Oke, gue booking jam 5 pagi. Mama sempat ngasih tau etika mewawancara dan jangan mau diajak keluar, biar wawancara di kantor aja. I know that my Mom have experienced about this. Hahahaha.

Hari yang dinanti pun tiba, gue berangkat subuh-subuh dengan pakaian ala kadarnya yaitu kemeja, jins, sepatu kets dan tas ransel berisi laptop, kamera, notes dan recorder. Gue memilih buat ribet berhubung HP gue lagi opname di Service Center, gue cuma bermodal sebuah HP yang fungsinya buat telepon dan sms. Gue cuma bisa berdoa, semoga gue bertemu dengan 2 narsum yang gue harap menepati janjinya. Setiba di sency jam 9 gue langsung nge sms Bang Roy dan ternyata bang Roy lagi nemenin mamanya di RSPAD, gue disuruh buat ngehubungin ASPRI nya Waketum Demokrat yaitu Andrew Hutagalung. Lagi-lagi dengan sok akrab gue ngehubungin dan gue disuruh meluncur ke kantor, padahal gue baru aja duduk nyantai di Starbucks. Yahh, akhirnya gue abisin tuh kopi dan langsung naik ojeg ke rumah besar para rakyat itu. Di pintu belakang, gue ninggalin KTP dan dikasih surat izin masuk, FYI gue berangkat tanpa surat tugas dari kampus berhubung dosbing gue berpesan supaya gue ga usah sebut-sebut namanya di depan narsum. Beliau takut gue dikira mata-mata yang dikirimkan buat ngecek strategi partai lain. Lebay sih, tapi gue pasrah aja cyin... Satpam di pos belakang sempat nanya, "Teman-temannya mana mbak?" Gue jawab, "Ini buat skripsi saya sendiri pak, wajar dong datang sendiri..."

Setelah turun dari ojeg, gue mulai cari-cari dimana tuh Gedung Nusantara 2 dan tanya sana-sini. Gue sebenarnya masih ngerasa belum percaya gue bisa sampai di sebuah tempat yang cuma gue lihat di TV. Di resepsionis Nusantara 2 mereka minta gue pake ID Card, karena gue dikira wartawan. Gue bilang kalo gue mahasiswa dan udah buat janji, trus gue ngehubungin Bang Andrew dan doi ngejemput gue ke meja resepsionis. Gue akhirnya masuk dan diajak nungguin Paripurna selesai di ruangan Pak Jhonny Allen Marbun. Waktu ngobrol, ternyata Bang Andrew juga sempat kuliah di UNPAR dan berakhir tidak dengan status alumni. Ketika jam menunjukkan pukul 11.00, kami sempat turun mau menemui beliau yang sepertinya udah beres rapat dan nunggu di depan lift yang dipenuhi anggota dewan yang kece-kece. Gue sempet-sempetnya amazed ngeliat glowing dan wangi nya ibu-ibu anggota DPR *abaikan. Ternyata beliau udah ada di ruangan, dan kita buru-buru naik lift lagi ke ruangan. Ketika melihat beliau, gue langsung ngeluarin senjata wawancara dan cerita tujuan gue. Beliau sih ngejawab nya terburu-buru dan gue cuma dapat waktu 20 menit berhubung ada tamu di ruangannya. Gue sih ngerasa kurang puas dengan jawabannya, tapi gue maklum aja di tengah jadwalnya yang padat, gue sempat ketemu dan minta foto juga.


Awalnya gue ga kenal sama bapak paling kiri, tapi Pak Johny Allen sempat bilang ke gue supaya kalo lulus ntar gabung di PDI P kaya bapak .... *lupa nama. Trus beliau ngajak bapak satu ini buat foto bareng. Nahh seminggu kemudian gue dengan isengnya cerita ke dosbing kalau ada tamu dari PDI P yang datang ke ruangan Pak Johny Allen, dosbing gue mulai kepo dan nanyain ciri-cirinya. Dosbing sempat sebut beberapa nama yang gue juga ga kenal tapi akhirnya gue tau siapa bapak ini setelah skripsi gue kelar dan gue lihat di TV beliau baru diciduk KPK :'(. Sehabis wawancara gue ucapkan terimakasih ke narsum dan ke Bang Andrew, ga lupa gue juga nge sms Bang Roy yang paling berjasa.

Nahh, muncullah kebingungan berikutnya dimana gue harus nunggu sampe jam 4 sore. Gue ga berani keluar gedung berhubung gue takut masuknya susah lagi, dan gue nanya ke security dimana gue bisa nunggu nyantai sambil nge rekap hasil wawancara. Mas security nunjukin ruang tunggu yang biasanya dipake wartawan dan tamu nunggu.Gue duduk manis dan buka laptop, sepertinya kehadiran gue emang eye catching di tengah bapak-bapak yang menanti di ruangan itu. Salah satu bapak nyeletuk, "Mbak, dari koran atau TV mana?" Mungkin penampilan gue emang sangat mendukung untuk dinilai seperti itu, gue jelasin lah maksud dan tujuan gue hadir disitu. Mereka ternyata peduli dengan bertanya kenapa gue datang sendiri dan apakah gue punya kontak lembaga survei. Gue kaget dan senang banget ketika wartawan yang bernama Kawiyan Tjakjan memberikan nomor HP salah satu petinggi Lingkaran Survei Indonesia. Beliau juga berkomentar tentang penelitian gue dan ada juga caleg dari Partai Golkar ikut nimbrung dan berkomentar pedas soal kinerja Lembaga Survei. Tanpa gue duga ada juga caleg dari Demokrat yang nyaranin gue buat jadiin Charta Politika sebagai objek penelitian, apalagi bos nya itu alumni HI UNPAR. Tadinya gue sempat janjian ama salah satu teman buat nemenin gue di kantor DPR, ternyata doi ga datang dan gue sempat kecewa tapi setelah gue pikir-pikir ada hikmahnya juga doi ga datang, gue jadi bisa ngobrol dan bahkan dapat bantuan tidak terduga. Anyway, gue sempet-sempetnya kepo in dimana mantan dosen gue sekarang berada setelah gue dengar beliau bergabung di Partai Biru, emang naluri gosip sulit dipisahkan ya...Hahahaha.

Gue turun ke lantai nya Fraksi PKS jam 14.30, gue janjiannya sih jam 4 dan ketika gue tanyain ternyata narsum yang ditunggu lagi ke Mabes Polri terkait kasus yang lagi hot di saat itu. Ya udahlah gue nunggu di sofa sambil nonton TV Parlemen, gue mulai sms ke Mas Yunarto sang Pimpinan Charta Politika dan Pak Toto Izul Fatah di LSI. Ketika sms Mas Yunarto gue mulai nyantumin password HI UNPAR dan Dosbing gue, ternyata beliau ngerespon dan gue langsung telepon balik. Waktu ngobrol, Mas Yunarto baik banget tapi baru bisa ditemui bulan Juni dan gue sempat bilang "Lamun bulan Juni mah skripsi na geus dikumpul atuh mas..." Beliau ngasih solusi dengan memberikan kontak Manager Survei nya yang bisa gue hubungi. Makasih banget mas, bangga deh satu almamater...Hehehehe. Gue juga coba ngehubungi Pak Toto yang ternyata lagi di luar pulau, tapi jawabannya masih menggantung. Akhirnya narsum yang gue tunggu-tunggu pun datang dan langsung gue mulai wawancara nya, dan gue udah mulai menemukan perbedaan pandangan kedua partai tersebut terhadap lembaga survei. Di akhir wawancara gue juga sempat berfoto dan beliau menanyakan darimana gue mendapatkan kontaknya. Gue cerita dari dosbing gue, dan beliau berkata "Salam ya buat bapak, dulu kami sama-sama di Komisi I."


Akhirnya gue menyelesaikan rangkaian kegiatan sehari, dan jam sudah menunjukkan pukul 17.00 gue berjalan menyusuri kantor dan pergi ke Pujasera buat ngisi perut yang udah seharian kosong. Disitu gue bertemu kembali dengan seorang bapak yang sebelumnya gue temui di ruang tunggu dan beliau nyamperin gue. Si bapak menyatakan belum percaya bahwa ada cewek asli Siantar yang berani datang ke Senayan sendirian. Gue bilang aja kalau udah mepet, kenekatan biasanya meningkat 100% Pak, ya gue emang begitu...Ga mepet ga gaul cyiinn... Oke gue pulang malam itu juga ke Bandung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerja di NGO, Ngapain Aja?

Empat tahun bekerja di Non Government Organization alias Lembaga Non Pemerintah pastinya telah mengubah banyak hal dalam diri saya, tetapi rasanya setiap bertemu orang baru pasti muncul beberapa pertanyaan yang sama. Oke, saya akan menuliskan beberapa pertanyaan umum yang harus kamu jawab dan jelaskan mengenai status pekerjaan mu. Kiranya bisa menjawab beberapa pertanyaan yang sering mampir ke saya atau jika berkenan mungkin bisa menjadi referensi untuk menjelaskan pekerjaan mu saat ini. 1.               Itu kerjanya ngapain aja? Buanyaakkk, tergantung project, fokusnya, visi misi, Programme Goal, Outcome, Output . Bekerja di NGO pastinya merespon suatu isu sosial, nahh namanya isu social pasti luaaasss sekali. Setelah itu tanyakan saja “Fokus Programnya apa?” Disitu akan muncul istilah pemberdayaan masyarakat, lingkungan, anak, gender, imigran, buruh, pertanian, perikanan, udara, dll. Intinya bekerja di NGO itu men support masyarakat/kaum marjinal atau bahkan pemerintah untuk

Perjalanan di Bawah Laut Kupang

Saya mengingat ketika di akhir tahun 2014, sejenak sebelum berpindah ke tahun 2015 saya sempat mencoba menuliskan resolusi di tengah kesendirian menikmati malam tahun baru sembari mengintip warna-warni kembang api dari jendela kamar. Ada beberapa hal yang saya tuliskan, jujur itu hanya terbersit tiba-tiba dan saya hanya menuliskannya di sebuah aplikasi catatan di HP saya yang masih berusia 3 bulan pada saat itu. Tanpa disangka 3 bulan kemudian HP itu rusak akibat kecerobohan saya saat pergi ke Pulau Kera, Kupang. Bukan tercebur air laut tetapi malah ketumpahan sebotol penuh air mineral di dalam tas saya saat berada di perahu. Beberapa bulan setelah kejadian HP rusak, saya pergi bersama teman jalan terbaik saat itu mencari informasi mengenai spot snorkeling di Kupang mulai dari bertanya ke instagram, komunitas di facebook hingga mendatangi Polairud Kupang demi impian snorkeling. Akhirnya kami menemukan komunitas snorkeling dan ikut snorkeling pagi ataupun sore di tempat itu. Saya j

Tentang Sebuah Pekerjaan

Berapa lama kah saya tidak kembali mem posting sesuatu di blog? TIDAK TERHITUNG. Saya ingat terakhir kali menulis tentang skripsi dan kelulusan saya, mungkin itu tahun lalu. Di tahun 2014 apa saja yang telah terjadi? BANYAK, saya akan menuliskan perjalanan saya menemukan pekerjaan. Suatu hal yang saya idamkan sedari lulus kuliah, yaitu PEKERJAAN. Sebelumnya saya selalu berpikir bahwa kelak setelah dinyatakan lulus oleh universitas, saya akan segera menemukan pekerjaan dengan standar gaji ideal yang tersusun dalam benak seorang freshgraduate. Ternyata tidak semudah itu kawan, bangku kuliah belum memberikan beberapa SKS berjudul “REALITA”. Tapi itu tidak masalah, ketika kuliah kita memang diajarkan untuk berpikir ideal dan mengkonstruksi standar sebatas pengetahuan kita, ketika lulus orang-orang akan menyambut dengan ucapan, “Selamat datang di kehidupan nyata…” Cukup lama waktu yang saya jalani dengan berstatus pengangguran, 8 bulan saya berusaha menemukan pekerjaan dari penuh s